RESOLUSI TAHUN 2017

MAKANLAH SAYUR DAN BUAH
πŸŽπŸ‹πŸπŸ‡πŸ†πŸ₯•πŸŒΆπŸˆπŸ‰

World Health Organization (WHO) menganjurkan agar setidaknya kita mengonsumsi 5 porsi sayuran dan buah setiap harinya. Setiap porsinya pun sebaiknya beragam warna, bukan sayuran hijau saja. Masing-masing warna buah dan sayur ternyata melambangkan senyawa spesifik (fitokimia) yang berkhasiat untuk menangkal berbagai penyakit.

MERAH ❀️
Contoh : stroberi, apel, tomat, jambu biji merah, dan semangka.
Mengandung : zat antosianin, carotenoid, dan likopen.
Antosianin berguna untuk mencegah infeksi dan kanker kandung kemih.
Likopen menghambat fungsi kemunduran fisik dan mental agar kita nggak gampang pikun, serta mencegah kanker.

Sayuran berwarna merah seperti bayam merah dan paprika juga memiliki manfaat besar berkat kandungan flavonoid-nyaβ€”pencegah kankerβ€”dan vitamin C untuk menjaga kekebalan tubuh.

Jika memakan semangka, jangan melupakan kulit keras warna putih yang ada di dekat kulitnya. Bemanfaat untuk menambah aliran darah.

HIJAU πŸ’š
Contoh : bayam, caisim, daun singkong, brokoli, apel hijau, anggur hijau, alpukat, tomat hijau dan melon
Mengandung : zeaxanthin yang membantu mencegah kanker usus besar dan menjaga kesehatan mata. Mata pun terhindar dari degenerasi makula atau gangguan yang bikin kita susah melihat detail, terjadi akibat penuaan. Juga mengandung zat besi untuk mencegah anemia, plus kaya klorofil dan magnesium yang akan menjaga kesehatan syaraf, otot, dan keseimbangan hormon kita.
Sedangkan buah-buahan hijau seperti anggur hijau, alpukat, dan melon banyak mengandung asam alegat yang mencegah kanker dan menjaga tekanan darah kita agar tetap normal.

Jika ingin memasak sayuran hijau sebaiknya direbus sebentar saja (nggak lebih dari 2-3 menit), agar klorofilnya nggak hilang dan rasanya tetap segar.

KUNING πŸ’›
Contoh : nenas, nangka, belimbing, persik, pisang, paprika kuning, jagung muda, dan labu.
Mengandung : vitamin C dan karotenoid tinggi yang fungsinya mencegah gangguan di saluran pencernaan. Juga mencegah kita terserang penyakit katarak, jantung koroner dan stroke.
Belimbing, persik, dan pisang memiliki kalium yang akan menjaga cairan tubuh dan mengatur tekanan darah.

ORANYE πŸ’•
Contoh : melon madu, pepaya, jeruk, wortel, ubi jalar.
Mengandung : beta karoten yang berfungsi menghambat penuaan sel. Kita akan awet muda. Juga mengandung vitamin A yang berfungsi menjaga kesehatan mata. Khusus wortel dan ubi jalar juga kalsium pektat yang mampu menurunkan kadar lemak dalam darah.

UNGU πŸ’œ
Contoh : blueberry, anggur ungu, blackcurrant, ceri hitam, plum, kol ungu, terung dan ubi ungu.
Mengandung : anthocyanin yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan dalam darah sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke. Anthocyanin juga mencegah kanker. Anggur ungu mengandung melatonin (hormon yang diproduksi oleh kelenjar pineal pada malam hari) untuk mencegah insomnia.
Sayuran ungu juga ampuh mengurangi stres.

PUTIH πŸ’Ÿ
Baik putih bersih maupun bening.
Contoh : sirsak, duku, leci, kelengkeng, toge, bawang putih, kol, sawi putih, jamur putih, rebung, lobak, dan kedelai.
Mengandung : zat allicin dan indoles yang menurunkan risiko hipertensi, dan kolesterol. Meski warnanya putih, kandungan seratnya cukup tinggi, sehingga mencegah sembelit. Bahkan kedelai mengandung isoflavon yang akan menjaga kesehatan tulang kita serta mencegah kanker dan penyakit jantung.
Selain itu, bawang putih dan bawang bombay yang membuat masakan terasa lebih enak, juga bisa menurunkan kadar gula dalam darah.

Pelangi di langit untuk menunjukkan janji TUHAN kepada manusia. Pelangi di perut kita menunjukkan kasih TUHAN kepada kita.

🌈🌈🌈

β€οΈπŸ–€β€οΈπŸ–€β€οΈπŸ–€β€οΈ – with I Dewa Gede, Kelly, I, and Kenishia

View on Path

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s