Minggu ke-18, April 2017

Pak Ahok dan Pak Djarot kalah dalam pilkada DKI putaran ke-2. Heboh!
Bunga-bunga pun berdatangan ke Balai Kota DKI Jakarta sebagai ucapan terima kasih.

Suasana sedih dan kecewa terpancar di wajah para pendukung mereka. Itu yang terlihat di televisi.
Kondisi ini pun menjadi percakapan hangat di keluarga kami. Khususnya dengan putera sulung kami.
“Nak, itu lihat Pak Ahok-Pak Djarot. Mereka berdua kalah lho. Kasihan ya,” kata saya kepadanya. “Iya ma,” jawabnya pendek saja. “Setiap orang dapat mengalami kegagalan, entah bidang apapun. Yang terpenting apa reaksi kita terhadap kegagalan itu,” nasehat saya kepadanya.
“Iya ma,” lagi-lagi jawabannya pendek.
“Coba deh kamu mengalami situasi seperti yang mereka alami. Bagaimana rasanya?” saya menggugahnya. “Ha haha ha ha, mama… Saya tahu deh maksudnya haha ha!” tawanya pecah. Saya jadi ikutan tertawa.
“Mama, apa kabar hari ini? Harus semangat ya ma,” malahan dia balik bertanya, menyemangati saya.

Saya belajar menghargai setiap percakapan apapun dengan anak. Mencerna dan menikmatinya. Belajar untuk mengikuti irama anak dan memahaminya dari sudut pandangnya.

Titus 2:6-8
(6)Demikian juga orang-orang muda; nasihatilah mereka supaya mereka menguasai diri dalam segala hal
(7)dan jadikanlah dirimu sendiri suatu teladan dalam berbuat baik. Hendaklah engkau jujur dan bersungguh-sungguh dalam pengajaranmu,
(8) sehat dan tidak bercela dalam pemberitaanmu sehingga lawan menjadi malu, karena tidak ada hal-hal buruk yang dapat mereka sebarkan tentang kita.

❤️🖤❤️🖤❤️🖤❤️ – with I Dewa Gede, Kelly, I, and Kenishia

View on Path

Advertisements

Save/ Hemat

Day 29 Save

Enable me, O LORD, to be able to save all things while living in the good land. I can thoroughly express gratitude and responsibility to YOU. In the name of CHRIST, amen. 1 Tim. 5: 6
Hari 29 Hemat

Mampukan saya ya TUHAN untuk dapat berhemat dalam segala hal saat sedang hidup di negeri yang baik. Dengan hemat saya dapat menunjukkan rasa syukur dan tanggung jawab kepadaMU. Dalam nama KRISTUS, amin. 1 Timotius 5:6

RESOLUSI TAHUN 2017

PERKECIL PORSI MAKAN-MINUM
🍱🥃🍱🥃🍱🥃🍱🥃🍱🥃🍱🥃

Selalu ada cara untuk menolong diri kita sendiri agar dapat memperkecil porsi makan-minum.

⏱ BUATLAH RITUAL SETELAH MAKAN-MINUM

Ritual itu dimaksudkan untuk membuat tanda stop bagi diri kita untuk berhenti makan-minum. Ritual tersebut dapat berupa :

🍱 Sikatlah gigi
Buat keputusan dahulu, maka tindakan akan mengikuti keputusan itu. Keputusan untuk menyikat gigi sangat ampuh menghentikan keinginan menambah porsi makan-minum kita.

🍱 Mengunyah permen karet tanpa gula
Permen karet itu juga ampuh membuat kita berhenti makan-minum. Tapi, kita perlu membawa permen karet ke mana-mana.

🍱 Minum minuman panas
Bisa saja berupa teh atau kopi, atau air panas biasa. Minuman ini akan membuat kerongkongan kita lega, terasa bersih dan segar. Otomatis keinginan mau menambah porsi makan-minum juga akan terkikis.

⏱ LATIHAN IMAJINASI PIKIRAN

Saat kita makan-minum, latihlah pikiran untuk memikirkan apa yang membuat kita berhenti menambah porsi makan-minum.
Misalnya : jika piring kita penuh dengan makanan, maka imajinasikan dengan pikiran kita mengenai tong sampah. Seakan-akan tubuh kita sebagai tong sampahnya. Maka keinginan kita untuk menghabiskannya akan sirna. Bahkan kita akan secara teliti memasukkan makanan ke dalam mulut kita.

Apapun cara kita, dan apapun keinginan kita, jika tidak dibarengi dengan tekad bahwa harus dan sudah berhasil, maka itu semua sia-sia.

Apakah kita bertekad untuk menjadi sehat?

❤️🖤♥️🖤❤️🖤❤️ – with I Dewa Gede, Kelly, I, and Kenishia

View on Path

RESOLUSI TAHUN 2017

PERKECIL PORSI MAKAN-MINUM
🍱🥃🍱🥃🍱🥃🍱🥃🍱🥃🍱🥃

Selalu ada cara untuk menolong diri kita sendiri agar dapat memperkecil porsi makan-minum.

⏱ BUATLAH RITUAL SETELAH MAKAN-MINUM

Ritual itu dimaksudkan untuk membuat tanda stop bagi diri kita untuk berhenti makan-minum. Ritual tersebut dapat berupa :

🍱 Sikatlah gigi
Buat keputusan dahulu, maka tindakan akan mengikuti keputusan itu. Keputusan untuk menyikat gigi sangat ampuh menghentikan keinginan menambah porsi makan-minum kita.

🍱 Mengunyah permen karet tanpa gula
Permen karet itu juga ampuh membuat kita berhenti makan-minum. Tapi, kita perlu membawa permen karet ke mana-mana.

🍱 Minum minuman panas
Bisa saja berupa teh atau kopi, atau air panas biasa. Minuman ini akan membuat kerongkongan kita lega, terasa bersih dan segar. Otomatis keinginan mau menambah porsi makan-minum juga akan terkikis.

⏱ LATIHAN IMAJINASI PIKIRAN

Saat kita makan-minum, latihlah pikiran untuk memikirkan apa yang membuat kita berhenti menambah porsi makan-minum.
Misalnya : jika piring kita penuh dengan makanan, maka imajinasikan dengan pikiran kita mengenai tong sampah. Seakan-akan tubuh kita sebagai tong sampahnya. Maka keinginan kita untuk menghabiskannya akan sirna. Bahkan kita akan secara teliti memasukkan makanan ke dalam mulut kita.

Apapun cara kita, dan apapun keinginan kita, jika tidak dibarengi dengan tekad bahwa harus dan sudah berhasil, maka itu semua sia-sia.

Apakah kita bertekad untuk menjadi sehat?

❤️🖤♥️🖤❤️🖤❤️ – with I Dewa Gede, Kelly, I, and Kenishia

View on Path

RESOLUSI TAHUN 2017

PERKECIL PORSI MAKAN-MINUM
🍱🥃🍱🥃🍱🥃🍱🥃🍱🥃🍱🥃

Selalu ada cara untuk menolong diri kita sendiri agar dapat memperkecil porsi makan-minum.

⏱ BUATLAH RITUAL SETELAH MAKAN-MINUM

Ritual itu dimaksudkan untuk membuat tanda stop bagi diri kita untuk berhenti makan-minum. Ritual tersebut dapat berupa :

🍱 Sikatlah gigi
Buat keputusan dahulu, maka tindakan akan mengikuti keputusan itu. Keputusan untuk menyikat gigi sangat ampuh menghentikan keinginan menambah porsi makan-minum kita.

🍱 Mengunyah permen karet tanpa gula
Permen karet itu juga ampuh membuat kita berhenti makan-minum. Tapi, kita perlu membawa permen karet ke mana-mana.

🍱 Minum minuman panas
Bisa saja berupa teh atau kopi, atau air panas biasa. Minuman ini akan membuat kerongkongan kita lega, terasa bersih dan segar. Otomatis keinginan mau menambah porsi makan-minum juga akan terkikis.

⏱ LATIHAN IMAJINASI PIKIRAN

Saat kita makan-minum, latihlah pikiran untuk memikirkan apa yang membuat kita berhenti menambah porsi makan-minum.
Misalnya : jika piring kita penuh dengan makanan, maka imajinasikan dengan pikiran kita mengenai tong sampah. Seakan-akan tubuh kita sebagai tong sampahnya. Maka keinginan kita untuk menghabiskannya akan sirna. Bahkan kita akan secara teliti memasukkan makanan ke dalam mulut kita.

Apapun cara kita, dan apapun keinginan kita, jika tidak dibarengi dengan tekad bahwa harus dan sudah berhasil, maka itu semua sia-sia.

Apakah kita bertekad untuk menjadi sehat?

❤️🖤♥️🖤❤️🖤❤️ – with I Dewa Gede, Kelly, I, and Kenishia

View on Path

Self-control/ Penguasaan diri

Day 28 Self-control

O LORD, may the good land that YOU have been given to me can be my tester whether i can rule myself. Self-control will help me to always be grateful and enjoy all with wisdom. In the name of CHRIST, amen. Acts 24:25
Hari 28 Penguasaan diri

Ya TUHAN, kiranya pemberianMU negeri yang baik dapat menjadi alat penguji saya apakah saya dapat menguasaai diri. Penguasaan diri akan membantu saya untuk selalu bersyukur dan menikmati semua dengan bijak. Dalam nama KRISTUS, amin. Kisah Para Rasul 24:25