Minggu ke-48, Nopember 2016

Telepon genggam saya berbunyi. Terdengar suara putra saya yang tidak seperti biasanya, “Apa kabar mama?”
“Puji TUHAN kabar mama sehat, nak. Apa kabarmu, nak?” jawab saya. “Saya sehat, ma. Tapi …” jawabnya dengan suara yang lirih.

Suami saya yang ikut mendengar percakapan itu langsung mengajak saya untuk berangkat ke kota di mana putera kami berada, hari itu juga.

“Mama, saya kecewa sekali nilai saya,” keluh putera saya pada saya setelah kami bertemu. Dia tampak tak bersemangat dan kurang tidur.
“Nak, dalam hidup ini kita harus bisa menerima kegagalan, apapun itu. Kegagalan itu adalah apa yang terjadi tidak sesuai harapan kita. Tapi kegagalan itu bukan akhir. Ia hanya sebongkah batu yang harus engkau lompati di sepanjang hidupmu,” kata saya memberi pengertian padanya.

“Kegagalan itu seperti gunung, nak. Ukurannya tetap segitu. Tapi ukuranmu dapat bertambah terus, bahkan tidak terbatas. Karena engkau berjalan dengan Sang Tidak Terbatas, TUHAN. Apa ukuranmu?
Semangatmu!
Semangat pantang menyerah pada gunung itu. Gunung itupun pasti akan tertaklukkan olehmu!” suami saya menambahkan dengan semangat.

“Apapun kegagalan itu tidaklah penting, yang terpenting adalah responmu terhadapnya. Tambah semangat atau tambah lesu? Pilihlah tambah semangat, karena semangat itu yang membuat hidupmu berhasil!
Ingatlah selalu ya nak, nilai itu hanya sebatas angka-angka, tapi lebih dari itu adalah bagaimana engkau dapat menikmati hidupmu, bersyukur selalu dan bersemangat meraih impianmu! Itu nilai hidupmu! Itu yang papa-mama minta engkau lakukan ya!” kata saya sambil memeluknya seraya berdoa dalam hati agar TUHAN memberinya kekuatan, keteguhan hati dan semangat.

2 Tawarikh 15:7 Tetapi kamu ini, kuatkanlah hatimu, jangan lemah semangatmu, karena ada upah bagi usahamu!

Amsal 18:14 Orang yang bersemangat dapat menanggung penderitaannya, tetapi siapa akan memulihkan semangat yang patah?

❤️❤️❤️❤️❤️❤️❤️ – with I Dewa Gede, Kelly, Kenishia, and I Dewa Nyoman Alit Adiya

View on Path

Leave a Reply

