Minggu ke-32, Agustus 2016

“Ayo cepat! Filmnya sudah mau mulai jam 6 sore ini!” kata suami saya, sambil mengganti bajunya.
Saya pun segera ikut mengganti baju, sambil menyuruh putri kecil saya bersiap juga.
Dia yang merayu ayahnya untuk mengajaknya menonton film karton anak-anak yang telah lama dinantinya. Dia pula yang memberi informasi bahwa film tersebut akan mulai pk 18.00 wita.

Suami saya mengendarai mobil dengan cepat, agar kami tiba secepatnya. Kami tiba di bioskop tepat pk 18.00 wita, lalu setengah berlari menuju kounter tiket. Kami terkejut semua, ternyata filmnya akan mulai pl 18.55 wita! Suami dan saya serentak memandang putri kecil kami, tanpa berkata apapun, tapi dengan kesadaran penuh kami bersalah juga, karena tidak mengecek sendiri jadwal main film itu.
Putri kecil kami tersenyum kecut dan berkata, “Saya lupa bilang bahwa jam 6 lewat.” Dari wajahnya tampak perasaan bersalah.

“Putri mama yang cantik, apakah engkau mengerti apa yang terjadi saat ini?” tanya saya saat suami saya ke toilet.
“Iya ma, kita menunggu filmnya mulai,” sahut putri kecil saya.
“Apakah engkau mengetahui kesalahanmu?” tanya saya lagi.
“Saya kan hanya lupa bilang jam 6 lewatnya,” jawab putri kecil saya.
“Lupa itu adalah peristiwa yang tidak kita sengaja, tetapi sayang harus tetap meminta maaf karena akibat sayang lupa, kita semua mengalami ini. Meminta maaf itu merupakan tanda engkau menyadari dirimu dan merendahkan hatimu. Meminta maaf harus dibiasakan, sekecil apapun kesalahan itu. Latih dirimu meminta maaf ya sayang! Ayo minta maaf kepada papa dan mama ya, setelah papa tiba di sini,” kata saya panjang lebar.

“Papa, mama, maafkan saya ya. Tadi saya lupa mengatakan bahwa filmnya mulai pk 18 lewat,” kata putri kecil kami sambil memegang tangan ayahnya. Kami berdua tersenyum, lalu suami saya berkata, “Lain kali sayang lebih teliti ya.”

Amsal 22:6 Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu. – with I Dewa Gede, Kelly, Kenishia, and I

View on Path

Leave a Reply

