Minggu ke-25, Juni 2016

Putri bungsu saya berulang tahun. Betapa senangnya hati saya menyaksikan pertumbuhan dan perkembangannya.
Tapi hati saya juga sedih melihat dia sakit saat ulang tahunnya. Badannya demam akibat infeksi pada tenggorokannya. Bersamaan dengan itu terdapat beberapa sariawan di rongga mulutnya.
Menurut saya putri bungsu saya cukup kuat menanggung semua rasa sakit di tubuhnya, walau terkadang dia meringis menahan sakit.
Saya berusaha menghibur hatinya, menguatkannya dan memotivasinya untuk bersabar.

Saya memakai situasi ini untuk mengajarkan kepadanya bahwa dalam segala sesuatu ada saja hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi. Dan terlebih penting lagi adalah melatihnya untuk menjaga hatinya.

“Hati yang gembira adalah obat! Obat yang sangat manjur hati yang senang!” selalu saya perkatakan di telinganya, sambil memeluknya.
“Ini adalah waktu yang tidak tepat untuk sakit. Kan saya berulang tahun. Seharusnya saya sehat!” katanya dengan berlinang air mata.
“Tidak apa-apa menangis, nak. Menangislah! Itu juga salah satu cara menghibur dirimu sendiri,” hibur saya.

“Tapi ingat selalu agar hatimu selalu bergembira. Fokus pada apa yang membuatmu bergembira, jangan fokus pada rasa sakitmu. Maka tubuhmu sendiri akan mencari jalannya sendiri untuk pulih.
Fokus pada TUHAN Sang Pemberi Kesembuhan. Bergembiralah karena TUHAN mengasihimu.
Kesembuhan utama berasal dari hati dan pikiranmu. Lalu makanlah dan minumlah makanan dan minuman yang dibutuhkan tubuhmu untuk sembuh, sesuai penyakitmu. Jadi bukan semata-mata obat sebagai penyembuhmu. Obat hanya membantu prosesnya,” penjelasan saya yang panjang lebar tentang mekanisme sembuh.
Saya melihat wajah putri saya kembali cerah, senyumnya mengembang dan kepalanya mengangguk tanda mengerti. Saya sangat bersyukur untuknya!!!

Amsal 17:22 Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang. – with I Dewa Gede, Kelly, Kenishia, and I Dewa Nyoman

View on Path

Leave a Reply

